Senin, 15 Februari 2016

Jelang PSG vs Chelsea. Chelsea Terus Membaik, tapi PSG Sedang Solid.

Jakarta - Chelsea boleh saja belum terkalahkan setelah Guus Hiddink datang ke Stamford Bridge. Tapi Paris Saint Germain tengah solid-solinya saat ini dan punya rekor bagus di kandang.

Setelah pada dua tahun terakhir saling mengalahkan, PSG dan Chelsea kembali berhadapan di 16 besar Liga Champions. Kedua tim menjelang laga ini dengan kondisi oke.

Chelsea perlahan namun pasti sedang menapaki kebangkitannya. Mereka belum pernah kalah di semua kompetisi setelah Hiddink datang menggantikan Jose Mourinho pada pertengahan Desember lalu. Sementara di akhir pekan kemarin, The Blues menggilas Newcastle United 5-1.

Di sisi lain PSG cuma berimbang 1-1 atas Lille di kandang sendiri dalam lanjutan Liga Prancis. Tapi itu sebenarnya tidak menunjukkan kondisi PSG yang sebenarnya karena Zlatan Ibrahimovic, Thiago Silva, dan Thiago Motta tidak dimainkan. Kekuatan PSG yang sebenarnya adalah fakta bahwa mereka tak pernah kalah di 35 pertandingan beruntun di Liga Prancis.

Berikut data dan fakta duel PSG dengan Chelsea yang akan dilangsungkan Rabu (17/2/2016) dinihari WIB nanti, seperti dikutip dari Eurosport:

- PSG lolos ke babak 16 besar sebagai runner up Grup A di belakang Real Madrid. Ini adalah fase knock out keempat mereka secara beruntun, rangkaian terpanjang yang pernah mereka raih.

- Chelsea melangkah ke 16 besar sebagai juara Grup G, mengungguli Dynamo Kiev di posisi dua. Ini adalah fase knock out ke-12 Chelsea dalam 13 musim terakhir.

- Ini adalah kali ketiga secara beruntun Chelsea dan PSG bertemu di babak knock out. Pada dua musim sebelumnya mereka bergantian lolos: Chelsea di 2013/2014 dan PSG di 2014/2015.

- PSG sudah 11 kali menjamu Chelsea di Liga Champions. Dari jumlah tersebut enam di antaranya berhasil dimenangi klub raksasa Prancis itu, tiga pertandingan berakhir imbang dan cuma dua kali kalah.

- PSG punya statistik sangat bagus di kandang untuk pertandingan kompetisi Eropa. Dalam 37 laga home terakhir, mereka cuma satu kali kalah (W24 D12). Satu-satunya kekalahan itu diderita saat menjamu Barcelona pada April 2015 (1-3).

- Namun begitu, PSG tak pernah menang dalam lima pertandingan terakhirnya di fase knock out Liga Champions (D2 L3).

- Di sisi lain, dari lima pertandingan away terakhir Chelsea di knock out Liga Champions empat di antaranya tuntas dengan hasil imbang dan satu kali kalah.

- Bersama Juventus dan Real Madrid, PSG menjadi tim yang belum pernah kebobolan di laga kandang Liga Champions musim ini.

- Chelsea baru sekali meraih kemenangan dalam lawatan ke klub-klub Prancis. Itu terjadi saat mereka menggilas PSG 3-0 pada September 2004 di Parc des Princes. Sementara empat kunjungan terakhir ke negara tersebut semua tuntas dengan hasil imbang.

- Sebanyak 54% dari gol Chelsea di Liga Champions musim ini tercipta melalui skenario set-pieces (7 dari 13). Ini merupakan rasio terbesar di antara klub yang lolos ke knock out.

- Zlatan Ibrahimovic mencetak tujuh gol dari 36 penampilan di babak knock out Liga Champions. Sementara pada fase grup dia melesakkan 38 gol dari 79 penampilan.

- Diego Costa cuma bikin satu gol dalam 14 pertandingan Liga Champions. Gol itu tercipta ke gawang Maccabi Tel Aviv, September lalu.

- Di Liga Champions musim ini sudah ada delapan gol tercipta melalui tendangan bebas langsung. Empat di antaranya dibuat oleh Willian.(din/fem)

0 komentar:

Posting Komentar